Trik Mengelola Keuangan Pada Bulan Ramadhan

Trik Mengelola Keuangan Pada Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan telah hadir lagi di tengah-tengah kita semua. Selam 1 bulan ini kita akan lebih jarang makan sebab berpuasa, hal itu bukan berarti pengeluaran kita akan berkurang. Persiapan pengeluaran saat Idul Fitri harus diurutkan menurut prioritas kita. Sisihkanlah uang untuk menabung & zakat, kemudian sisanya baru dikelola untuk pengeluaran pada pos lain. Siapkanlah dana untuk mudik karena harga tiket melambung tinggi, disusul dengan biaya untuk membeli baju atau barang-barang baru, biaya saat hari raya dan lainnya.

1. Membuat Rencana Keuangan

Membuat anggaran bulanan adalah salah satu cara terbaik dalam mengurangi pengeluaran. Anggaran dengan pengeluaran reguler seperti yang dilakukan pada bulan-bulan lain sebaiknya tetap dijalankan dengan teratur. Kita jangan lupa dalam mengatur antara tagihan bulanan, investasi, tabungan, & pengeluaran sehari-hari menurut prioritasnya masing-masing. Hal paling terasa saat bulan Ramadan biasanya pos pengeluaran untuk makanan & biaya untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Dalam menyiasati pengeluaran pada pos makanan & hari raya, Kita bisa menekan anggaran & lebih hemat untuk pengeluaran lain, agar arus pengeluaran kita tetap seimbang.

2. Mengelompokkan Pengeluaran Untuk Hari Raya

Darimanakah sumber pendapatan kita bulan ini? Bagi kita yang bekerja pada perusahaan, kita akan mendapatkan gaji bulanan & THR (Tunjangan Hari Raya). Gunakan gaji kita untuk memenuhi kebutuhan harian serta gunakan THR untuk keperluan Mudik. Kita jangan hambur-hamburkan THR untuk bermewah-mewah pada Bulan Ramadhan dan berhutang untuk mudik.

3. Berkomitmen Kuat Dengan Rencana Keuangan

Ketika kita telah memiliki rencana keuangan. Tetap jalankan rencana keuangan kita. Pengeluaran yang besar pada Bulan Ramadhan tidak berarti menunda rencana keuangan kita. Tetap jalankan rencana yang telah dibuat. Semua akan sia-sia jika kita tidak berkomitmen dalam menjalankannya. Memiliki komitmen teguh akan membuat kita tetap menjalani perencanaan yang sudah Anda buat. Dengan begitu, mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jaga terus komitmen kita pada rencana pada awal bulan. Sumber: http://www.beeaccounting.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*