Mahasiswa KKN FEB UAA Membidik Pengembangan UKM Desa Sendangsari

Mahasiswa KKN FEB UAA Membidik Pengembangan UKM Desa Sendangsari

Universitas Alma Ata kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN) angkatan ke-5 sebagai bagian dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Konsep yang diusung pada kegiatan tersebut merujuk pada RIP (Rencana Induk Penelitian) tahun 2014-2019 Universitas Alma Ata yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah memiliki prioritas utama dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan UKM. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat Universitas Alma Ata Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengusung tema “Membangun Kemaslahatan Perekonomian Desa Dengan Mengembangkan UMKM”. (Mahasiswa KKN FEB UAA Membidik Pengembangan UKM Desa Sendangsari)

Lokasi KKN tahun ajaran 2016-2017 diselenggarakan di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan Bantul. Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Ahmad Yunadi, SE, MA memberikan keterangan bahwa dari 18 dusun yang ada peserta KKN difokuskan pada 4 titik yaitu di dusun Gupak Warak, Dusun Krebet, Dusun Dadapbong, dan Dusun Kablokan Wetan.

Penyerahan Peserta KKN kepada kepala desa Sendangsari dihadiri oleh Kepala Litbang Bappeda Bantul Bapak Tlau Sakti, S.S, M.Hum. Pada penyerahan peserta KKN beliau memberikan pengarahan agar program kerja KKN berfokus menggali pada potensi wisata dan UMKM desa Sendangsari. Kegiatan KKN tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan peran teknologi informasi yang ada saat ini untuk mempromosikan potensi perekonomian desa. Online marketing saat ini sangat dibutuhkan bagi pelaku UMKM untuk mempermudah akses pemasaran. kepala desa Sendangsari Bapak Muhamad Irwan Susanto memberikan pengarahan agar KKN tidak hanya memberikan kontribusi dibidang UMKM saja namun sangat diharapkan peserta KKN juga mampu membawa kesejukan suasana keagamaan kampus Alma Ata di tengah masyarakat desa Sendangsari. Dalam acara penyerahan peserta KKN dihadiri pula oleh Camat dan Kapolsek Pajangan.

(Mahasiswa KKN FEB UAA Membidik Pengembangan UKM Desa Sendangsari)