Program Studi S1 Akuntansi

Selamat datang di Progam Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Alma Ata

Universitas Alma Ata sebagai institusi pendidikan tinggi yang dirintis dan didirikan oleh para ulama dan para cendekiawan muslim yang mempunyai kepedulian dalam pembangunan bangsa Indonesia melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang pendidikan. Untuk lebih melengkapi upaya Alma Ata dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa Indonesia dengan cara menyiapkan tenaga akuntansi yang profesional, mandiri, berjiwa enterpreneur dan berakhlak mulia, Universitas Alma Ata bermaksud menyelenggarakan Prodi S1 Akuntansi.

Mengapa harus bergabung menjadi mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta????

Karir di Bidang Akuntansi akan lebih cerah di Perusahaan ataupun pada instansi pemerintahan karena disetiap unit bisnis apapun pasti membutuhkan tenaga akuntansi. Akuntansi itu sendiri merupakan suatu aktivitas jasa yang (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan dan mengikhtisarkan) suatu kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang bersifat data-data berupa laporan keuangan yang digunakan didalam pengambilan keputusan. Melihat prospek tersebut, yaitu : kebutuhan akan tenaga akuntansi baik dibidang edukatif ataupun praktisi di masa yang akan datang sangat dibutuhkan. Universitas Alma Ata Yogyakarta merupakan institusi yang menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan pendidikan tenaga akuntansi dengan keunggulan pada Jaminan Mutu Pelayanan, sesuai dengan desain program menggunakan kurikulum terkini dengan metode pembelajaran dirancang untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai seorang enterpreneur dan leader yang inovatif, dan berakhlakul karimah, sehingga lulusannya siap bersaing didunia kerja.

Visi

Pada tahun 2040 Prodi akuntansi Universitas Alma Ata menjadi prodi yang unggul dibidang ilmu akuntansi dan kewirausahaan, mandiri, mampu bersaing dipasar kerja ASEAN, berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia.

Misi

Menyelenggarakan kegiatan Tri dharma Perguruan Tinggi di bidang Akuntansi pada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) yang bermutu tinggi dan berdaya saing global, berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia, serta berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia.

Mengembangkan sistem dan atmosfir akademik yang kondusif bagi terwujudnya budaya mutu (quality culture) dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) secara bertahap dan berkesinambungan.

Tujuan

Berdasarkan visi misi prodi akuntansi UAA yang ditetapkan, maka tujuan yang ingin dicapai prodi akuntansi UAA adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, berdaya saing global, berakhlak mulia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

  2. Menghasilkan karya ilmiah bereputasi nasional maupun internasional baik secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan bermakna bagi pengembangan peradaban dunia.

  3. Membangun atmosfir akademik yang kondusif bagi terselenggaranya kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

  4. Mengembangkan sistem tata kelola perguruan tinggi berbasis prinsip good university governance

STUDI BANDING

STUDI BANDING KE PRODI AKUNTANSI FEB UII

BANTUL, Studi banding yang dilakukan oleh para dosen Prodi Akuntansi Universitas Alma Ata menyangkut kurikulum atas Prodi baru Akuntansi yang dilakukan oleh para dosen. Tujuan dari studi banding ini untuk belajar kepada yang lebih berpengalaman dalam pengelolaan prodi Akuntansi. Dipilihnya Universitas Islam Indonesia dikarenakan saat ini Prodi Akuntansi yang berada di kampus tersebut memiliki akreditasi A, sehingga diharapkan akan meningkatkan pembelajaran melalui kurikulum yang dapat dikemas untuk memenuhi standar KKNI pada Universitas Alma Ata yang sesuai ditetapkan pemerintah.

Studi banding yang dilaksanakan ini diterima secara langsung oleh kepala program studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia yaitu Bapak Dekar Urumsah, S.E., S.Si., M.Com (S). Ph.D. di Kampus Universitas Islam Indonesia. Dalam waktu kurang lebih satu jam setengah kami membahas di antaranya adalah cara membentuk dan mengelolah kurikulum akuntansi yang sesuai dengan KKNI, namun dalam bidang Akuntansi saat ini belum disepakati kurikulum yang berbasis KKNI dengan kata lain membangun kurikulum prodi haruslah memenuhi kriteria prodi itu sendiri yang memiliki kekhasan tersendiri dalam prodi tersebut.

SEMINAR INTERNASIONAL

THE 2ND INTERNATIONAL CONFERENCE ON ACCOUNTING, MANAGEMENT AND ECONOMICS

Bantul, Bukti keaktifan para dosen dari Program Studi Akuntansi dalam tridharma Universitas dibuktikan dalam keikutsertaan para dosen pada penyelenggaraan seminar internasional yang dilaksanakan di Makassar pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2017, International Conference on Accounting, management and Economics (ICAME 2017) dimana sebagai tuan rumahnya adalah dari program studi akuntansi Universitas Hasanuddin, Makassar. Pembuktian ini dilakukan guna mewujudkan hasrat menulis dan meneliti diberbagai seminar baik nasional dan internasional, dengan dukungan Universitas Alma Ata secara umum dan secara khusus dukungan diperoleh dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Alma Ata, oleh dekan FEB Bapak Ahmad Yunadi S.E.,M.A sangat mengapresiasikan dengan baik segala peluang peluang untuk memajukan dan membawa nama baik Universitas Alma Ata.

STUDY TOUR

STUDY TOUR KE BMT SIDO GIRI

BANTUL, Kunjungan study tour yang dilaksanakan di BMT Sido Giri memiliki nilai dan makna tersendiri bagi prodi Akuntansi, merupakan kunjungan pertama yang dilakukan Prodi Akuntansi bersama Prodi gabungan antara lain Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah, dimana tujuan dari study tour antar lain mempererat silahturahmi dengan BMT Sido Giri yang sudah terjalin pada kunjungan kunjungan yang dilakukan tahun sebelumnya juga menambah dan menggali ilmu dalam pengembangan dan membangun BMT syariah.

STUDY BANDING KE UMKM

Tujuan study banding ke Dewata adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa akan bisnis bidang percetakan, konveksi dan pembuatan pie susu sehingga melatih para mahasiswa dimasa ynag akan datang untuk mengembangkan jiwa entrepuenur

SEMINAR TENTANG WIRAUSAHA MUDA MANDIRI

WIRAUSAHA MUDA MANDIRI

Bantul, Mendukung berkah ramadhan dalam tema Meneguhkan Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Kebhinekaan dilingkungan Universitas Alma Ata. Dimulai pertama kali oleh FEB Universitas Alma Ata. Atas dasar membaca keresahan akan kebutuhan informasi yang luas, semangat – dorongan dan motivasi dalam dunia kewirausahaan dari para mahasiswa Universitas Alma Ata melangsungkan seminar  “WIRAUSAHA MUDA MANDIRI” yang dibarengi dengan Ngabuburit bersama keluarga FEB diikuti oleh prodi – prodi yang ada dilingkungan FEB Universitas Alma Ata antara lain : prodi Akuntansi, prodi Manajemen, prodi Ekonomi Syariah, prodi Perbankan Syariah.

Jumlah peserta sekitar 200 mahasiswa, menggandeng para pakar yang sangat mumpuni atau ahli dibidangnya yaitu pembicara motivator entrepreneur  yaitu oleh Bapak JODY BROTO SUSENO, merupakan owner – pemilik group WAROENG STEAK & SHAKE dan Rumah Tahfidz Qu yang terletak di daerah deresan, daerah pogung dan daerah timoho; dan Bapak Faraj Achmad Mahfud, S.T.,M.B.A., merupakan pemilik dari bisnis Z’Home Buiding Consultant-Z’Kitchen Coffe & Resto-Roemah Boedi Hotel-Fola Mebel-Interior Desain.

Seminar ini dibuka oleh Rektor Universitas Alma Ata Yogyakarta, Bapak Prof. DR. Hamam Hadi MS,Sc.D,Sp.GK, yang sangat menaruh perhatian akan jumlah tingkat perkembangan para entrepreneur muda Indonesia yang masih dirasakan jauh api dari panggangannya atau dengan kata lain angka kebutuhan tercetaknya calon – calon entrepreuner masih sangat jauh dari yang diharapan akan mampu membangkitkan perekonomian negara, sehingga bapak Prof DR Hamam Hadi MS,Sc.D,Sp.GK sangat menekankan agar output dalam acara seminar ini membangun dan mencetak bibit – bibit para calon entrepreneur muda yang mandiri dan berlandasakan atas nilai nilai keislaman selaras dengan VISI Universitas Alma Ata yang berbunyi:

“ PADA TAHUN 2040 MENJADI UNIVERSITAS ALMA ATA YANG UNGGUL,  MANDIRI, BERDAYA SAING GLOBAL, BERKONTRIBUSI TERHADAP PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN BANGSA DAN PERADABAN DUNIA BERLANDASAKAN NILAI-NILAI KEISLMANA DAN KEBANGSAAN INDONESIA”.

Dari ulasan yang diberikan oleh Bapak Jody Broto Suseno, dengan moto “BE THE WINNER NO KERAGUAN” sangat mudah dalam membangun suatu usaha yang dapat berhasil berjalan hanya membutuhkan modal antara lain: Doa, Percaya Diri, Tidak Mengeluh dan Kreatif, jika empat hal syarat tersebut terpenuhi maka usaha akan dipastikan berhasil berjalan. Demikian juga dengan nasihat dan motivasi dari Bapak Faraj, dengan menambah motivasi keberanian antara lain dalam dunia bisnis segala resiko tidak dapat dihindari oleh karena itu selalu belajar dari pengalaman lalu dan siapkan mental untuk kebangkrutan dalam arti kata selalu siapkan diri dalam ketidakberhasilan usaha, sehingga tercetak para entrepreneur yang handal dan berlandasakan nilai nilai keislaman.

(FEB Universitas Alma Ata Yogyakarta)

FORDEBI

Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam

(FORDEBI)

Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan wadah yang menghimpun kerjasama antara perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk mendorong dan menciptakan akselarasi penyediaan sumber daya insani di bidang ekonomi Islam, manajemen dan bisnis Islam, dan akuntansi syariah. Dosen prodi Akuntansi Universitas Alma Ata ikut serta menjadi anggota FORDEBI sebagai wadah untuk mengembangkan pengetahuan ekonomi dan bisnis Islam serta untuk pengembangan kurikulum yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Alma Ata.

Pada hari Rabu tanggal 22 Juni 2016 FORDEBI mengadakan agenda sosialisasi tentang kegiatan-kegiatan FORDEBI serta melakukan seminar atas riset-riset yang dilakukan oleh dosen-dosen anggota FORDEBI yang dilaksanakan di FEB UGM.

SEMINAR TENTANG TAX AMNESTY

Seminar Tentang Kebijakan Tax Amnesty

Pada tahun 2016 ini dalam rangka untuk mendorong penerimaan negara pemerintah mengeluarkan kebijakan tax amnesty. Bersama ini fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Alma Ata melalui Prodi Akuntansi, pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2016 menyelenggarakan seminar tentang Tax Amnesty, adapun seminar ini ditujukan agar prodi Akuntansi Universitas Alma Ata senantiasa meningkatkan ilmu dan pengetahuan secara terus menerus.

Kegiatan seminar dilaksanakan rutin bagi prodi Akuntansi didalam menjunjung tinggi tri dharma perguruan tinggi. Selain itu prodi membantu KPP dalam mensosialisasikan tax amnesty yang berumur 9 bulan bagi seluruh aspek akademis dan peluangnya bagi masyarakat luas.

Menurut Riyanto Sutiarso,SE.,M.Ak.,Akt.,CA.,BKP.,SAS selaku pembicara seminar dari Direktorat Jendral Pajak kabupaten bantul secara sederhana dari tax amnesty adalah pengampunan pajak, yaitu adanya penghapusan pajak bagi Wajib Pajak (WP) yang menyimpan dananya di luar negeri dan tidak memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak dengan imbalan menyetor pajak dengan tarif lebih rendah. Dengan dilakukannya tax amnesty ini, diharapkan para pengusaha yang menyimpan dananya di luar negeri akan memindahkan dananya di Indonesia dan menjadi WP baru yang patuh sehingga dapat meningkatkan pendapatan pajak negara.

Dari pemberitaan CNN Indonesia dinyatakan bahwa banyak orang kaya di Indonesia yang menyimpan uang mereka di luar negeri, seperti Singapura, dengan memanfaatkan tax treaty. Oleh karena itulah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mendorong diberlakukannya tax amnesty ini untuk menarik kembali uang milik warga Indonesia yang disimpan di luar negeri.

Melalui kebijakan tax amnesty para wajib pajak baik wajib pajak dalam negri dan wajib pajak repatriasi yang menyimpan dana di luar negri akan memindahkan dana ke Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun, selama periode tersebut dana sudah dipidahkan dari luar negeri ke Indonesia tidak diperbolehkan di pindahkan lagi ke luar negeri. Indonesia oleh DJP (Direktorat Jendral Pajak) sebelumnya pernah melakukan tax amnesty pada tahun 1968 dan 1984, namun pemberlakukannya tersebut tidak efektif, dikarenakan pasifnya respon dari wajib pajak dan belum adanya reformasi atas system admnistrasi pajak. Pada tahun 2008, pemerintah pernah menerbitkan aturan Sunset Policy yang diberlakukan selama 14 bulan per Januari 2008. Aturan Sunset Policy ini bisa dibilang merupakan versi mini dari tax amnesty.

Sunset Policy adalah kebijakan pemerintah dalam menerapkan penghapusan sanksi administrasi bagi WP yang kurang bayar maupun melakukan kesalahan dalam pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan PPh. Kebijakan versi mini dari tax amnesty ini telah berhasil menambah jumlah penerimaan PPh sebesar Rp7,46 triliun. Hal tersebutlah yang menjadikan pemerintah melakukan tax amnesty yang sedang berlangsung dengan masa umur 9 bulan sampai dengan bulan Maret 2017 perlu dukungan dari masyarakat luas baik sebagi pengusaha, akademis, praktisi. Dengan demikian tax amnesty merupakan salah satu bentuk pemerintah Indonesia meningkatkan jumlah pendapatan pajak Indonesia, sebaiknya kesempatan ini dimanfaatkan mengingat umur tax amnesty 9 bulan per Maret 2017.